Selasa, 13 November 2012

Data Dan Informasi


Data dan Informasi
Dalam kehidupan keseharian kita, pasti kita banyak mendapatkan data dan informasi. Kedua hal itu sangat penting bagi kita makluk sosial. Karena kita mengetahui segala sesuatu yang terjadi dengan adannya data atau informasi yang diberikan kepada kita.
Data merupakan sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujut suatu keadaan, gambar suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol – simbol lainnya. Menurut kamus bahasa inggris-indonsia, data berasal dari kata ‘datum’ yang berarti fakta atau bahan – bahan keterangan. Menurut Gordo B. Davis data juga merupakan bahan mentah dari suatu informasi. Sedangkan Informasi merupakan kumpulan data yang sudah diproses dan menjadi sesuatu yang mempunyai arti bagi penerimanya pada saat tertentu. Sebenarnya banyak peneliti yang mengemukakan tentang pengertian informasi, tetapi menurut saya pengertian informasi yang mudah dipahami yaitu seperti diatas. Data dan informasi mempunyai keterkaitan yang sangat erat,  karena kita bisa membuat suatu informasi kita harus mengumpulkan data, dan begitupun sebaliknya suatu data tidak mempunyai arti kalau kita tidak mengelolahnya menjadi informasi.

Siklus informasi
Siklus informasi dimulai dari data diproses menjadi suatu informasi dan ketika mendapat informasi tersebut akan diambil suatu keputusan, dari keputusan tersebut diambil tindakan dan hasil dari tindakan tersebut akan menjadi sebuah data dan data tersebut kembali di proses menjadi informasi dan kegitan ini akan diulang sehingga menjadi sesuatu yang berguna bagi yang menerimanya ataupun menjadi sesuatu yang patut untuk diperbincangkan.

Data à Prosesà Informasià Keputusanà Tindakanà Hasil Tindakan

Nilai informasi
Suatu informasi pasti mempunyai nilai, Parameter untuk mengukur  suatu informasi itu adalah manfaat dan biaya, dimana manfaat suatu informasi harus besar dari biaya yang kita keluarkan itu barulah informasi tersebut disebut bernilai. Kiita bisa saja mendapatkan suatu informasi dengan mengunakan banyak biaya, tetapi jika informasi itu tidak penting bagi kita, maka informasi itu tidak memiliki nilai apa – apa. Keuntungan suatu informasi juga tidak dapat diksir oleh uang atau biaya tetapi dapat ditaksir nilai efektivitasnya.

Kualitas Informasi
Kualitas suatu informasi dapat diliat dari ketiga hal dibawah ini :
Relevan
Akurasi, akurasi dimana informasi tersebut harus lengkat, benar dan aman. Dimana kita harus memastikan bahwa informasi tersebut lengkap agar kitabisa mengetahui bahwa memang benar informasi ini yang kita butuhkan, bbukan hanya lengkap kita juga harus memastikan bahwa informasi yang kita dapat itu adalah informasi yang benar karena biarpun kita sudapatkan informasi secara lengkap tetapi kalau informasi tersebut tidak mempunyai nilai kebenaran juga percuma, selain lengkap dan mempunyai nilai kebenaran kita harus memastikan informasi tersebut aman, contohnya informasi pertahanan negara, itu hanya diketahui oleh petinggi – petinggi porli dan presiden saja, tidak dapat diketahui oleh negara lain, karena bisa saja mereka menembus atau menerobos masuk dan menghancurkan negara tersebut. Jadi keamanan juga sangat diperlukan.
Tepat waktu, ketepatan waktu dari suatu informasi yang didapat sangat diperlukan, karena kalau kita mendapatkan informasi yang harusnya kita dapatkan hari ini juga, tetapi kita mendapatkannya besok, informasi itu sudah tidak memiliki nilai lagi, Karena tidak ada gunanya untuk besok hari, informasi tersebut haya berguna pada hari ini saja. Jadi ketepatan waktu dalam menerima informasi sangat diperlukan. Factor laim yang juga diperlukan yaitu Ekonomis (economy) dimana informasi tersebut harus mempunyai nilai ekonomis yang tidak besar tetapi informasi yang didapatkan itu tepat. Efisien (efficiency) disini kita harus menaru informasi tersebut sesuai denagn kebutuhan, agar dapat berguna bagi pemakai, jangan kita memberikan informasi yang seharusnya kepada anak SD malah kita memberikaknnya kepada anak SMA, itu tidak efisien atau tidak berguna bagi anak SMA tapi sangat efisien atau berguna bagi anak SD. Dapat Dipercaya (reliability) informasi selain harus efisien dan ekonomis, informasi juga harus dapat dipercaya sumbernya, agar saat kita menyebarkan kepada orang lain, kita dapat mempertanggung jawabkan kebenaran dari sumber yang kita dapatkan.
Usiah informasi adalah berdasarkan data kondisi dimana usia tersebut berkaitan dewan waktu dan untuk data operasi berkaitan dengan perubahan periode.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar